Wednesday, January 6, 2016

Minuman Dingin Selalu Jauh dari Kasir


Hampir semua mini market yang pernah penulis kunjungi, menempatkan tempat pendingin minuman selalu jauh dari kasir. Pernahkah pembaca menyadari mengapa alf*mart, ind*mart, yo*art, dan sejenisnya menempatkan mesin pendingin minuman selalu jauh dari kasir? Dan tambah lagi tempat kasir selalu berada disebelah kanan dekat dengan pintu masuk.

Sumber gambar: http://berita.beritajatim.com/



Untuk sebuah sistem yang sangat besar, mereka memilki alasan yang kuat untuk merancang sebuah tempat perbelanjaan agar meningkatkan penjualan.


Seorang psikolog dari University of Southern California mengatakan “Pelanggan terkadang bertindak seperti makhluk yang hanya mengandalkan kebiasaan, secara otomatis mengulang perilaku masa lalunya tanpa peduli tujuan masa kini”. Sehingga, tak jarang saat kita hanya ingin membeli minuman dingin malah nambah beli coklat.

Saat akan membeli minuman dingin di mini market. Biasanya pelanggan akan melewati barisan-barisan makanan kecil lainnya. Sambil berjalan, pelanggan dibuat tertarik dengan kemasan, dan mungkin harga dari makanan-makanan kecil tersebut.

Setelah sampai pada tempat minuman dingin, barulah mereka mengambil minuman pilihan mereka. Dan sering kembali melewati jalan yang berbeda untuk menuju kasir. Dengan maksud “mau tau ada apa aja ya”. 

Dan penulis berpendapat bahwa, kebanyakan pelanggan diantara lapar dan haus, mereka akan pergi ke minimarket ketika haus, dan akan pergi kewarung makan ketika lapar. Ditambah lokasinya dipinggir jalan menyebabkan banyak pengendara yang sekedar mampir untuk melepas dahaga. Sepertinya jarang sekali pengendara yang mampir ke minimarket karena lapar (kecuali terdesak).
 
Intinya, minimarket tersebut merancang tempat seperti itu dengan maksud membawa pelanggan untuk berkeliling. Setidaknya pelanggan melihat tidak hanya pada minuman pendingin. Inilah yang menyebabkan perubahan tujuan kita membeli, kita berencana membeli 1 dan keluar membawa 2. 

Sumber gambar: http://1.bp.blogspot.com/
  
Kasir  adalah  tempat  melakukan  transaksi /  pembayaran  yang  menjadi  akhir  dari sebuah  transaksi  jual  beli  antara  konsumen  dan produsen  sehingga  menghasilkan kepuasan pada masing-masing pihak. Karena hal tersebut membutuhkan proses. Dan setiap proses membutuhkan waktu, maka pelanggan haruslah menunggu. 

Ditempat kasir, minimarket atau supermarket menerapkan cara untuk meningkatkan penjualan. Ada apa dengan loket pembayaran? Bagaimana mereka mengatur tempat kasir?

Jika pembaca merupakan pemilik toko, tidak ada salahnya mencoba teknik diatas dan beritahu mereka jika pemilik toko tersebut adalah orang-orang yang anda cintai. 

Penulis sangat bersyukur jika post ini bermanfaat. Jika dirasa bermanfaat dan menarik, sebarkan kepada orang-orang yang kamu cintai untuk terus belajar memahami hidup lebih baik.

Terimakasih :)

Opini terkait dengan "Minuman Dingin Selalu Jauh dari Kasir":
>>Dibalik Loket Pembayaran


Tingkatkan kualitas hidupmu dengan mengetahui opini lainnya disini

Referensi: 

Duhigg, Charless. 2006. “The Power of Habit”. Duke University

Universitas Sumatra utara. 2014. http://repository.usu.ac.id/bitstream/123456789/40701/5/Chapter%20I.pdf Dikakses: 6 Januari 2015

No comments:

Sebarkan untuk dunia yang lebih baik