Friday, June 29, 2012

Pentingnya Memanfaatkan Waktu

 


"waktu = kehidupan; oleh karena itu, sia siakan waktu dan hidup anda atau kuasai waktu dan hidup anda"
Alan Lakein

"jangan pernah membiarkan hari yang sudah lalu menyita hari anda"
Richard H. Nelson

dari kedua pernyataan tersebut sudahlah jelas bahwasannya waktu adalah sesuatu yang penting. ketika kita memiliki kendaraan lalu hilang mungkin kita dapat memilikinya kembali, lain halnya dengan waktu ketika kita kehilangan 1 detik bagaimana mungkin dapat kembali?.

Selain itu dalam islam Rasulullah SAW pernah bersabda mengenai waktu yaitu,
"ada dua kenikmatan yang banyak dilupakan manusia, yaitu nikmat sehat dan waktu luang" (HR. Bukhari & Muslim)

ketika kita sehat tak jarang kita melupakan nikmat sehat. Tapi ketika kita sakit, tentunya kita sangat mengharapkan sehat itu datang kepada kita, lalu mengapa kita tidak bersyukur ketika kita dalam keadaan sehat? Begitu juga ketika kita memiliki banyak waktu serasa waktu terasa panjang hingga akhir menutup mata nanti, kontrak kita didunia siapa yang tau selain Tuhan YME. Ketika akhir kontrak telah ditentukan secara mendadak tanpa sepengetahuan kita lalu berakhirlah waktu kita, dan ketika kita dimintai pertanggung jawaban kelak setelah kematian, lalu saat itu diperlihatkan waktu selama hidup yang disiasiakan, maka celakalah dan tentunya ingin memutar kembali, ingin dihidupkan kembali kedunia namun sedetik waktupun tak akan kembali. Akhirnya kembali penyesalan digaris akhir. Nikmat dunia telah menitik beratkan pada kedua bola mata kita hingga mata hati lemah dan buta.

Mudah memang mengatakan waktu adalah sesuatu yang sangat berharga, penting dan tak dapat di putar kembali, lalu apa yang menyebabkan sulitnya kita mengaplikasikan teori bahwasannya waktu adalah penting?

1. Bergosip
pernahkah kita bergosip? Bagaimana rasanya? Menarik bukan membicarakan sesuatu yang buruk orang lain pada lawan bicara? Manfaat apa yang kita dapat selain mengukuhkan aib orang lain dikalangan masyarakat atau mungkin Fitnah. Secara tidak langsung kita menyumbang kerusakan perdamaian dunia, bagaimana negara itu damai kalau masyarakatnya saja saling mengukuhkan aib orang lain hingga akhirnya timbul rasa benci.

2. Berdebat
perdebatan yang dimaksud adalah perdebatan yang tak selayaknya diperdebatkan.

3. bergurau atau tertawa berlebihan.
Untuk melepas lelah atau sebagai pemenuhan kebutuhan hiburan, gurau boleh dilakukan. Namun terlalu banyak bergurau atau tertawa dapat membawa penyakit bagi pelakunya, Seperti asma. Dapat menurunkan daya ingat. Dapat membuang waktu karena ketika selesai tertawa kita biasanya menginginkan tawa itu kembali, sesuatu yang kurang tepat ketika kita tidak melakukan apa- apa malah memilih untuk mencari senda gurau. Bagaimana dengan menggunakan waktu luang kita dengan memikirkan sesuatu atau membantu orang lain?

4. Hura - hura
sesuatu yang dihamburkan cenderung merugikan. Mungkin hura - hura dapat memberikan kesenangan, tapi ini hanyalah sesaat.

Semoga kita bisa memanfaatkan Waktu yang tersisa, semoga ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Melalui ini penulis ingin berbagi sedikit pengetahuan dan opini untuk saling mengingatkan satu sama lain. Terimakasih :)

Opini terkait dengan "Pentingnya Memanfaatkan Waktu"
>> Otak Kita tidak Menginginkan Usaha yang Lebih

Tingkatkan kualitas hidupmu dengan mengetahui opini lainnya disini.

No comments:

Sebarkan untuk dunia yang lebih baik